5 Penyebab Baterai Smartphone Android Cepat Habis yang Perlu Diketahui

Penyebab Baterai Android Cepat Habis – Terkadang kita sering merasakan hal aneh ataupun bertanya-tanya kenapa baterai pada smartphone android cepat habis. Penggunaan padalah belum sehari ataupun belum sama sekali digunakan tetapi baterai android telah berkurang dan hampir habis, tentu hal ini perlu sekali untuk diatasi.

Banyak orang yang telah bingung dan tidak mengetahui kenapa hal ini terjadi. Tentu, hal inilah yang menjadikan banyak orang yang memiliki anggapan bahwa smartphone android tidak bagus karena boros baterai. Tetapi, sebenarnya hal tersebut ada penyebabnya dan perlu untuk diatasi. Lalu apa saja penyebab baterai smartphone android cepat habis, berikut inilah penyebab dan cara mengatasinya.
1. Layar Smartphone
Salah satu pemakan daya paling besar pada sebuah smartphone merupakan sebuah layar smartphone. Jika layar pada smartphone anda berukuran besar, maka penggunaan baterai pada umumnya juga akan lebih besar. Jadi, hal inilah merupakan salah satu penyebab yang membuat baterai smartphone anda cepat habis.
Untuk menghemat baterai dan mengatasinya, anda bisa menggunakan layar redup, jadi aturlah kecerahan layar anda seminimal mungkin. Dengan layar yang redup dan tidak terlalu cerah mampu menghemat penggunaan energi. Anda bisa mengatur atau mengaktifkan automatic brightness yang berguna untuk membantu kecerahan layar sesuai kondisi tempat anda menggunakan smartphone.

2. Konektivitas atau Jaringan
Mengaktifkan sebuah jaringan atau konektivitas pada smartphone merupakan sebuah hal yang penting. Dengan mengaktifkan konektivitas kita bisa mengirim dan menerima data yang ada pada smartphone. Tetapi perlu untuk diketahui bahwa konektivitas ini juga memakan banyak daya baterai.
Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya anda mematikan layanan atau jaringan yang sedang tidak anda gunakan. Setelah menggunakan Bluethooth, WiFi, GPS sebaiknya anda matikan jika sudah tidak digunakan atau lebih baiknya anda menggunakan mode pesawat untuk mematikan semua jaringannya.

3. Terlalu Sering Menggunakan Kamera
Penggunaan sebuah kamera telah membutuhkan daya baterai yang sangatlah besar untuk mengambil sebuah gambar atau merekam video. Jika anda sering menggunakan kamera pada smartphone anda, maka baterai anda bisa cepat terkuras.
Untuk menghemat baterai dan ingin mengatasinya, anda bisa menurunkan kualitas dari gambar ataupun video pada saat kamera dengan anda gunakan. Selanjutnya minimalkan penggunaan HDR dan janganlah menggunakan lampu Flash pada saat anda mengambil foto ataupun video. Hal ini nantinya bisa berguna supaya kamera bisa bekerja dengan cepat dan ringan.

4. Mengurangi Penggunaan Widget
Menggunakan banyak widget merupakan salah satu hal yang sangatlah menyenangkan. Selain mempermudah dan mampu melihat secara instan, kita juga tidak perlu membuka aplikasi tersebut. Tetapi perlu sekali untuk diketahui bahwa cara ini merupakan salah satu penyebab baterai smartphone android menjadi cepat habis. Oleh karena itu, sebaiknya gunakanlah widget yang penting saja untuk membantu mengurangi penggunaan daya baterai.

5. Aplikasi Media Sosial dan Chatting
Sebuah aplikasi yang terhubung ke internet seperti Instagram, Facebook, Messenger, Snapchat, BBM, Line dan aplikasi lainnya merupakan salah satu penyebab baterai smartphone cepat habis. Hal ini terjadi karena aplikasi ini secara terus-menerus melakukan pembaruan dan membutuhkan koneksi internet. Tentu, hal inilah merupakan salah satu penyebab baterai android cepat habis.

Diatas itulah informasi tentang penyebab baterai android cepat habis dan cara mengatasi yang bisa untuk anda lakukan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda semua dan menambah wawasan serta pengetahuan yang luas.

No comments for "5 Penyebab Baterai Smartphone Android Cepat Habis yang Perlu Diketahui"